Martino: Kejar Gol Pertama!

Martino: Kejar Gol Pertama!





Selasa, 29/6/2010 | 16:09 WIB

PRETORIA, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Paraguay, Gerardo Martino, meminta skuadnya untuk mencetak gol pertama lebih dulu pada laga perdelapan final melawan Jepang malam nanti. Bagi Martino, gol pertama ini akan berperan krusial untuk menentukan pemenang.

"Secara pribadi, saya pikir sangat penting untuk bisa mencetak gol pertama. Hal ini sangat menentukan, terutama saat bertanding pada babak knock-out, yang cuma punya dua opsi. Menang berarti bertahan, kalah berarti pulang. Jika kebobolan lebih dulu, maka kita tentu akan sangat sulit untuk mengejar dan berbalik unggul, apalagi bila cuma punya waktu 90 menit," papar Martino.

Sejauh ini, keyakinan Martino telah terbukti benar. Dari enam pertandingan 16 besar yang telah dimainkan pada Piala Dunia Afrika Selatan 2010, semuanya dimenangi tim yang mampu mencetak gol pertama.

Fakta inilah yang kemudian coba dikejar oleh pasukan "La Albirroja". Mampu mencetak gol lebih dulu tentu akan memungkinkan Paraguay untuk mengamankan kemenangan, apalagi Paraguay punya mimpi mencapai babak perempat final untuk pertama kali sepanjang sejarah keikutsertaan mereka pada Piala Dunia.

"Tentu saja kami datang ke Piala Dunia dengan mimpi-mimpi dan kami bekerja keras untuk itu. Saya percaya jika ingin mewujudkan sesuatu lebih tinggi lagi di kompetisi, maka diperlukan penguasaan bola yang lebih baik dan gunakan saat itu dengan sebaik mungkin," ungkap pelatih berkebangsaan Argentina ini.

Namun, Jepang bukanlah lawan yang bisa dianggap enteng. Di mata Martino, pasukan "Samurai Biru" siap 'menyabet' bila mereka lengah. Melakukan sedikit kesalahan bisa berakibat fatal bagi Roque Santa Cruz dan kawan-kawan.

"Kami telah mengamati permainan Jepang pada Piala Dunia. Mereka bisa mengubah cara bermain mereka, dan kini mereka adalah tim yang sangat cepat," cetus Martino.

"Mereka bisa terlihat tenang dan menunggu, tapi sesaat kemudian mereka mengubah gaya bertahan dengan menyerang. Mereka berbeda dan mereka lebih rumit untuk dikendalikan. Saya rasa kelebihan mereka adalah kecepatan dan memanfaatkan kesempatan dari musuh," pungkasnya.

DFP
Editor: acandra

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Sumber Referensi